Ponsel Symbian Tumpuan Penjualan Nokia

Beberapa bulan ini perusahaan Elektronik sekelas Nokia ditimpa dengan pembicaraan-pembicaraan yang tak mengenakkan, kita semua tahu pihak Nokia sekarang ini diisukan dengan penurunan saham setelah mereka memperkenalkan perangkat andalannya untuk kuartal ke tiga ini Nokia Lumia 900 dan lumia 820, padahal perangkat ini diklaim oleh Nokia sebagai ponsel tercanggihnya .

Pihak Nokia dipertengahan tahun ini  mereka juga mengandalkan penjualan ponselnya yang dilengkapi dengan  OS Windows Phone sebagai operasi sistem utama untuk perangkat-perangkatnya, namun OS  Symbian, sebagai OS  yang sudah lama  menjadi tumpuan Nokia dalam bursa elektronik, kini  menjelma menjadi penyelamat  keuangan pabrikan asal Finlandia itu. Penurunan penjualan OS dengan Windows Phone ini terlihat setelah pihak Nokia mengumumkan penjualannya padahal ponsel dengan OS ini sangat diidam-idamkan dapat menyaingi penguasa elektronik saat ini, tercatat Nokia menjual  2,9 juta unit ponsel lumia dengan OS Windows Phone. Padahal dikuartal kedua Nokia menjual  4 juta unit sehingga pendapatan penjualan turun sebesar 1,1 juta untuk OS terbarunya.

Sedangkan untuk Symbian, pihak Nokia berhasil menjual 3,4 juta unit, walaupun symbian juga mengalami penurunan, tapi symbian lebih diunggulkan untuk saat ini, pasalnya  pada kuratal sebelumnya Nokia dengan OS ini mampu menjual produknya hingga 6,4 juta unit, tetapi untuk kategori penjualan Symbian masih unggul dengan generasi penerusnya yaitu Windows  Phone, keunggulan hingga 500 rb unit ini menjadi bukti bahwa Symbian masih manjadi tumpuan penjualan Nokia. Padahal symbian perlahan ingin disingkirkan oleh pihak  Nokia namun ini menjadi bukti bahwa Symbian masih dapat bersaing dengan generasi barunya.

Nokia sampai pada kuartal ketiga tahun ini berhasil menjual lebih dari 77 juta unit ponsel diselurh dunia, ponsel yang paling laris diburu sampai kuartal ketiga ini adalah Nokia Asha untuk kategori ponsel low-end. Namun penjualan sebesar 77 juta itu tak mampu menutup kerugian Nokia dalam pembukuannya, Nokia mengalami kerugian hingga U$ 1,27 milyar, tapi untuk kuartal selanjutnya Nokia  mungkin bisa sedikit lega pasalnya perangkat terbarunya Nokia lumia 900 dan 820 akan menjadi tumpuan kenaikan keuntungan penbukuan diakhir tahun ini.

Untuk tahun depan Nokia mungkin masih bisa bangkit dari keterpurukan ini, pasalnya sejumlah perusahaan operator di seluruh dunia masih kecewa  kepada kekuatan vendor Samsung dan Apple, seperti yang kita tau kedua vendor ini yang menguasai pasaran elektronik, mungkin Nokia bisa menjadi solusi ke tiga untuk beberapa operator ini.

Leave a comment